Buka : 07.00 - 23.00, WA / Telp : 0823 1494 5599

Punya Kekuatan Mistis, Kayu Dewandaru Karimunjawa Banyak Diburu

Diposting pada 17 Maret 2018 oleh Admin

Kayu dewadaru yang dipercaya sebagai pohon keramat dan ajaib ini, sebenarnya sudah lama diketahui karena kekuatan mistiknya. Namun masyarakat di luar pulau tersebut masih belum banyak yang tahu, dan baru mengenalnya sejak objek wisata alam Karimunjawa, yang terletak di Kab. Jepara ini mulai di galakkan.

Pohon kayu dewandaru

Pohon kayu dewandaru

Pohon sakti kayu dewadaru yang juga dikenal dengan nama dewandaru ini, oleh penduduk setempat dibuat menjadi suvenir khas. Pohon ajaib yang di buat menjadi gelang, tasbih, kalung, dan tongkat ini tampaknya laris manis di pasaran.

Alasan tersendiri kenapa ada kerajinan yang berupa tongkat adalah untuk mengaitkan cerita legenda asal usul pohon dewadaru tersebut yang awalnya tercipta dari tongkat sakti milik Sunan Nyamplungan yang di tancapkan ke tanah.

Tak bisa membawanya sembarangan kalau tidak ingin tenggelam karena termasuk kayu keramat, dan dibutuhkan kapal dengan persyaratan ritual khusus untuk membawa dewadaru keluar Karimunjawa dengan selamat.

Kesakralan pohon bertuah yang memiliki ciri khas kulit dan serat halus itu akhirnya tersebar ke berbagai daerah hingga ke luar negeri. Mengingat fungsinya yang tidak hanya sekadar barang kerajinan, dan telah dipercaya memiliki unsur mistik misalanya untuk kewibawaan, keselamatan dll.

Pohon kayu stigi

Pohon kayu stigi

Kabarnya banyak masyarakat biasa hingga pejabat sering memesan kerajinan tangan asli buatan penduduk Karimunjawa ini. Alasan utama bukan karena karya seninya, namun kesaktian dari bahan kayu dewadaru yang digunakan itu yang membuatnya laku keras.

Terlebih banyak yang meyakini jika bahan kayu dewandaru yang berasal dari daerah lain kekuatan gaibnya di nilai kurang. Pemesan kayu sakti ini, biasanya berani keluar membayar mahal namun tak mau ambil risiko dengan membawanya sendiri keluar pulau.

Pembeli barang dari kayu langka bertuah tersebut biasa meminta di antar ke alamatnya karena takut mitos tenggelam jika membawanya sendiri. Kapal yang berani membawa kayu dewadaru asli biasanya adalah kapal nelayan asli buatan Karimunjawa yang memiliki penangkal bahaya.

Menariknya lagi menurut cerita dari penduduk setempat, hingga sekarang kapal asli buatan Karimunjawa banyak yang selamat, walaupun telah dibawa berlayar hingga jauh. Masih menurut cerita penduduk setempat, katanya kapal nelayan yang telah diberikan penangkal tiga kayu yaitu stigi, dewandaru, dan kalimasada belum pernah ada yang tenggelam.

Pohon kayu kalimosodo

Pohon kayu kalimosodo

Pohon kayu dewandaru yang menurut cerita legenda telah melahirkan sejarah pulau Karimunjawa ini, tampaknya juga mengundang rasa penasaran dari banyak peneliti. Fakultas Biologi UGM kabarnya juga pernah melakukan penelitian kayu dewadaru ini.

Pohon dewadaru yang tumbuh di pulau Karimunjawa tepatnya berada di bukit Nyamplungan dan ujung Gelam. Dewadaru jenis Baccaurea sumatrana yang berasal dari suku Euphorbiaceae banyak terdapat di bukit Nyamplungan. Pohon jenis ini memiliki ciri khas, akar tunggang dan tidak mengandung getah, daun tunggal berwarna hijau sediku kekuningan.

Sedangkan yang tumbuh di Ujung Gelam adalah jenis Fagraea elliptica yang berasal dari suku Loganiaceae. Tumbuhan jenis ini biasanya banyak tersebar di daerah dengan iklim panas hingga sedang. Dengan ciri khas yang hampir sama juga yaitu akar tunggang, daun berwarna hijau kekuningan, namun batangnya tidak mengandung getah.

Produk Terbaru :
STOK HABIS
Facebook Twitter Instagram Google Plus Youtube Pinterestinfo pengiriman

Gelang | Kalung | Tasbih | Katalog | Cara Belanja | Cek Biaya Kirim | Cek Resi | Blog
Hubungi Kami